top of page
Writer's picturePaulus Chendi

Simak Yuk! 5 Manfaat Dari Penderitaan



Penderitaan ada di mana-mana dan tidak selalu bisa dihindari. Penderitaan dapat disebabkan faktor alam, lingkungan, diri sendiri, orang lain, dosa atau pun sakit penyakit. Banyak orang menilai penderitaan tidak gunanya, karenanya ditanggapi dengan keluhan, menyalahkan orang lain, bahkan menyalahkan Tuhan, pada hal keberadaan penderitaan dapat membawa manfaat baik dan memberikan pengalaman baru. Banyak loh orang yang rela menderita karena yakin itu ada gunanya dan ada maknanya. Berikut lima manfaat penderitaan yang dapat membuat kamu semakin baik dari sebelumnya.

1. Kesempatan Mengenal Diri

Penderitaan sebagai jalan masuk mengenal diri sendiri. Penderitaan menguji apakah kamu orang yang sabar atau tidak? Orang yang cepat putus asa atau tabah? Orang yang mudah bersyukur atau banyak mengeluh? Penderitaan membuat kamu makin mengenali kekuatan-kekuatan dalam diri kamu sekaligus juga kelemahan diri yang bisa kamu koreksi. Penderitaan membantu kamu melihat ke dalam diri dan memperdalam perspektif kamu akan makna hidup, sehingga hidup kamu jadi lebih baik dari yang sebelumnya.

2. Mengasah Karakter

Saat berjuang untuk keluar dari penderitaan, ada kalanya kamu harus menahan emosi, menahan sakit, menangis karena tidak berdaya, berteriak, dsb. Jika ditanggapi dengan benar, penderitaan dapat dijadikan sebagai sarana latihan bagi kehidupan emosional kamu. Penderitaan dapat mengasah karakter dan memperhalus watak kamu, misalnya kamu jadi lebih rendah hati, lebih sabar, lebih berbelas kasihan dan lebih pengertian. Pada akhirnya kamu dapat menjadi seorang pribadi yang memiliki karakter yang matang dan dewasa.

3. Membuat Mental Lebih Kuat

Penderitaan diijinkan Tuhan untuk melatih kamu menghadapi tantangan dan kesulitan hidup. Menghadapi penderitaan jangan cuma mengeluh, tetapi pikirkan hikmah apa yang dapat dipetik dari kesulitan yang dialami tersebut. Dengan mengalami dan melalui penderitaan, kamu akan memiliki mental yang lebih kuat, menjadi lebih tabah, lebih optimis, dan tahan banting. Mental yang kuat membuat kamu lebih siap, tidak gampang mengeluh dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi tekanan hidup.

4. Memperkuat Relasi

Penderitaan dapat memperkuat relasi kamu dengan orang lain, entah itu pasangan kamu, saudara, keluarga, atau sahabat sebab keterlibatan mereka dalam memberi perhatian dan berjuang bersama menimbulkan satu ikatan emosi yang dalam dan kuat. Dalam keadaan yang normal, bisa saja relasi kamu dengan orang lain hanya dipermukaan karena kesibukan masing-masing, namun penderitaan telah membawa kamu dan mereka saling mendekat. Penderitaan dapat memperkuat relasi, meningkatkan toleransi dan mempererat persaudaraan. Bukankah ini yang kamu butuhkan untuk kehidupan yang berkualitas?

5. Memperkuat Spiritualitas

Penderitaan membuat kamu sadar akan ketidak berdayaan diri, sadar akan kekuatan diri yang terbatas dan sadar bahwa kamu membutuhkan pertolongan Tuhan. Pemahaman akan keterbatasan diri ini akhirnya mendorong kamu jadi rajin sembahyang, rajin berdoa dan melakukan aktivitas keagamaan lainnya guna memperkuat iman. Penderitaan menggerakkan kamu mendekatkan diri kepada Tuhan dan menjadi sumber kekuatan dalam diri kamu saat menghadapi kesulitan dan tantangan.

Demikian lima manfaat penderitaan yang dapat membuat kamu menjadi pribadi yang tangguh dan optimis dalam menjalani kehidupan. Meskipun penderitaan itu sarat makna dan tujuan yang positif, kamu tentu tidak perlu mencari-cari penderitaan atau tidak berupaya menguranginya jika hal itu bisa dilakukan. Namun pengalaman penderitaan juga tidak harus disia-siakan karena itu bisa jadi cara bermakna untuk kamu menjalani hidup dengan lebih baik.

Comentarios


bottom of page