top of page
Writer's picturePaulus Chendi

Mendukung Pasangan di Masa Sulit? Lakukan Empat Hal Ini!



Masa sulit bisa berupa kehilangan pekerjaan, atau sakit atau mengalami musibah yang datang menimpa. Saat menghadapi masa sulit dan berada dalam tekanan, kita pasti mengharapkan dukungan dari pasangan kita sebagai orang yang paling dekat dan yang paling bisa diharapkan. Kita tentu tidak mau jadi pasangan yang kurang empati dan gagal menunjukkan dukungan atau membiarkan orang yang kita cintai berjuang sendiri. Cuma kadang kita tidak tahu apa yang harus dilakukan. Kalau itu yang kamu alami, berikut ini ada empat hal yang bisa dilakukan untuk mendukung pasangan ketika berasa di masa sulit.

1. Dukungan Emosional

Saat pasangan kita lelah secara psikis, berilah dukungan emosional dengan cara menyatakan empati. Jangan mengkritik atau menyalahkan, sebaliknya perlihatkan pengertian, penghargaan, dan kepedulian kita dengan cara mendengarkan keluhannya. Berikan telinga yang terbuka dan mulut yang tertutup. Satu lagi, jangan memperlihatkan perubahan sikap yang bisa ditangkap oleh pasangan kita sebagai ekspresi ketidak pedulian. Dukungan emosional yang diberikan akan diterima pasangan sebagai ungkapan kepedulian dan kasih sayang kepada dirinya, sehingga menimbulkan manfaat emosional dan efek perilaku positif.

2. Dukungan Instrumental

Saat pasangan menghadapi kondisi yang penuh tekanan, kita perlu melakukan sesuatu untuk menghidupkan kembali energi dan semangatnya yang mulai menurun. Misalnya menciptakan lingkungan yang kondusif agar pasangan dapat merasa lebih rileks, nyaman dan tidak sumpek. Kalau perlu ambil alih tugas-tugas tertentu yang sementara ini tidak bisa dikerjakan oleh pasangan. Jika pasangan kehilangan pekerjaan, selain menghemat, pikirkanlah juga bagaimana memakai keterampilan kita untuk menghasilkan uang, misalnya memberi les, membuat kue atau memasak, dsb. Dukungan kongkrit ini akan melindungi pasangan terhadap akibat negatif dari stress, membuatnya merasa tenang, dan timbul rasa percaya diri untuk kembali bangkit.

3. Dukungan Spiritual

Berbagai riset menunjukkan bahwa spiritualitas berkorelasi secara positif dengan kesehatan mental. Pasangan yang dirundung rasa putus asa perlu dikuatkan harapannya. Ajak pasangan melakukan aktivitas rohani untuk mendekatkan diri pada Tuhan. Kesulitan yang dialami ini pasti ada hikmahnya dan cobaan ini pasti ada batasnya. Yakin bahwa Tuhan tidak akan mencobai umat-Nya melebihi kemampuan yang dapat mereka tanggung. Mendekatkan diri kepada Tuhan membuat hati damai, memfasilitasi perasaan sejahtera serta menumbuhkan kekuatan dalam diri pasangan.

4. Menanggung Beban Bersama

Pepatah berkata, ringan sama dijinjing, berat sama dipikul. Meskipun demikian, demi menolong pasangan, kita perlu rela menjadi pihak yang berkorban lebih. Sebab orang yang sudah men-set pikirannya mau berkorban lebih, akan lebih mampu menanggung beban dan lebih mampu bersikap tenang dalam membuat keputusan. Sering menanggung beban bersama-sama dalam setiap kesulitan, akan membuat cinta kasih kamu dengan pasangan semakin kuat. Kesulitan menciptakan kawan seperjuangan yang sejati.

Inilah empat dukungan yang bisa kamu lakukan untuk pasanganmu di masa sulit. Dukungan adalah bukti nyata dari cinta yang dapat dirasakan oleh pasangan kita. Pasangan yang mendapat dukungan akan lebih cepat pulih, lebih cepat bangkit kembali dan lebih bersemangat untuk melewati masa sulit. Akhirnya jerih payah kamu tidak sia-sia, bukan?

Comments


bottom of page