top of page
Writer's picturePaulus Chendi

Kenali 5 Tipe Orang yang Menguras Energi Batin Kamu

Updated: Aug 1, 2020



Memiliki sahabat pastinya akan membuat hidup kita lebih berwarna. Berinteraksi dengan orang lain dapat memperkaya pengalaman hidup seseorang. Itu sebabnya kita perlu punya sahabat bahkan orang yang paling malas bersahabat pun masih memiliki satu atau dua sahabat. Sahabat ada berbagai macam, ada sahabat yang menghibur dan menguatkan di saat kita susah. Sebaliknya yang memperkeruh suasana hati dan perasaan kita juga ada. Ada sahabat yang mengisi energi batin kita, sebaliknya ada juga sahabat yang kehadirannya cuma menguras energi batin, kita merasa cape kalau ketemu dia dan membuat kita ingin jaga jarak.


Demi kualitas hidup dan kesejahteraan jiwa kita, kenali 5 tipe orang yang dapat menguras energi batin kita:


1. Orang yang ambisius

Si ambisius hanya memiliki sedikit rasa empati sebab ia cuma peduli dengan dirinya sendiri. Ia ingin terlihat menonjol dan selalu ingin merebut perhatian orang. Ia bergerak dan bereaksi terlalu cepat dan selalu bicara mengenai dirinya, jarang mendengarkan tapi selalu ingin didengar. Dia tidak sungkan mengambil ide kamu tiba-tiba jadi idenya dia. Orang ambisius menguras energi batin karena seringkali kita harus menahan kesal atau menahan emosi di depan dia. Masalahnya kita tidak bisa terus meladeni dia bukan?

2. Orang yang complicated

Orang complicated adalah orang yang rumit dan ruwet. Dia rumit karena detailnya berlebihan, terlalu cermat, perhitungan sekali, kaku dan keras hati, tidak mau mengalah dan suka berdebat tanpa arti. Berurusan dengan dia bisa hilang kesabaran. Karena di depan dia hal yang bagi kita sepele bisa tiba-tiba jadi ribet. Kamu pasti akan cape hati dengan orang yang demikian karenanya orang yang complicated sangat menguras energi batin kamu. Males kan?

3. Orang yang suka mendominasi

Tipe orang ini sukanya ngatur dan suka memaksakan kehendaknya. Dia merasa berhak mengatur segala hal, mau hangout dia yang pilih tempatnya, makan apa dia yang nentuin menunya, maunya diturutin, maunya dilakukan menurut caranya dia. Kalau bisa dia pun mau mengatur semua yang kamu lakukan. Jika lagi ngobrol bareng, dia yang selalu punya pendapat, mengganggap diri paling benar. Kalau kamu tidak tahan, bisa-bisa jadi berantem karena kamu tidak suka diatur-atur dan terus mengikuti kemauan dia. Emangnya dia siapa?

4. Orang yang tidak dewasa

Orang dengan personality yang tidak matang ini, biasa tidak dapat mengontrol emosinya. Bertingkah laku kekanak-kanakan dengan maksud mendapatkan apa yang diinginkannya. Bisa tiba-tiba marah tanpa kamu tahu sebabnya, sebentar bisa baikan lagi. Berteman dengan orang seperti ini sangat merepotkan. Biasanya, mereka terus-menerus meminta pertolongan kamu untuk menyelesaikan masalahnya. Kalau tidak dibantu, kamu bisa tidak disapa berhari-hari. Cape kan?

5. Orang yang suka playing victim

Bermental jadi korban, suka mendramatisir, sering mengangkat tema dirinya diperlakukan buruk, suka mengambil keuntungan dari empati orang lain. Jika menghadapi masalah, ia bisa memutarbalikkan keadaan seolah-olah menjadi korban padahal kenyataannya tidak seperti itu. Ia juga merasa senang kalau orang lain merasa bersalah. Dia mengungkapkan keluhannya bukannya untuk mendapat solusi loh. Dia hanya ingin kamu mendengarkan keluh kesahnya dan berharap kamu membelanya, mengerti dirinya diperlakukan buruk. Akhirnya kamu merasa kasihan dan kamu ikut menyalahkan orang lain.

Inilah lima tipe orang yang menjadi sumber masalah bagi diri kamu, kehadirannya cuma bikin kamu tambah stress. Mereka adalah pengisap kegembiraan kamu. Cara menghindari orang-orang yang seperti ini adalah dengan membangun pembatas yang sehat, perlu bersikap tegas, berbicara seperlunya saja. Sadari bahwa kamu tidak akan selalu tahan bicara yang baik-baik, jadi kamu perlu ambil sikap. Menghindari tidak berarti bermusuhan, tetapi menjaga jarak. Jangan pernah biarkan mereka menguras energi batinmu dan menyedot kebahagiaan yang kamu miliki. Ok?!

Comments


bottom of page