top of page
Writer's picturePaulus Chendi

Inilah 5 Tips Untuk Mengasah Potensi Dirimu, Yuk Dicoba!

Updated: Aug 1, 2020



Saat menjalani karantina di rumah, kamu pasti punya banyak waktu dan kadang tidak tahu harus melakukan apa dengan waktu yang ada. Dari pada bingung, kamu dapat memanfaatkannya dengan mencoba menggali pontensi-potensi yang ada dalam diri kamu yang selama ini belum sempat diasah dan dikembangkan. Siapa tahu pontensi-potensi tersebut justru membawa kamu kepada karir yang tepat. Berikut, lima tips yang dapat membantu kamu untuk menggali potensi dalam diri kamu. Dicoba yuk!


1. Berani mencoba

Percayalah kamu pasti memiliki potensi-potensi. Mungkin saat ini kamu belum menyadari potensi apa saja yang ternyata ada di dalam diri kamu. Untuk menemukan potensi itu, kamu harus berani mulai mengeksplorasi diri. Mulailah dengan hobi, atau mulai dengan hal-hal yang kamu rasa kamu bisa. Misalnya coba menanam tanaman, coba menulis, coba melukis, coba bermain gitar, coba membuat kue kering, dan banyak lagi. Kata pepatah, perjalanan seribu mil dimulai dengan satu langkah. Mulailah melangkah, satu langkah akan membawamu ke langkah berikutnya. Kalau kamu tidak mulai mencoba bagaimana kamu akan tahu hasilnya? Makanya yuk, mulai mencoba.

2. Siapkan waktu dan sarana

Setelah kamu memutuskan untuk mencoba, langkah kedua adalah menyiapkan waktu dan sarana. Misalnya kamu mau mencoba menanam, siap waktunya entah di pagi hari atau di sore hari. Siapkan juga medianya: pot, tanah, benih, perkakas kerja. Kamu perlu siapkan waktu, supaya dalam mengerjakannya kamu tidak akan mudah teralihkan oleh hal-hal yang lain. Jangan sampai apa yang kamu lakukan akhirnya tidak tuntas. Menyiapkan waktu dan sarana akan membantu kamu mulai melangkah. Ini juga berlaku pada saat kamu memilih untuk mencoba hal yang lain.

3. Jangan mengeluh jika belum memuaskan

Segala pemulaan pasti akan terasa sulit, namun jangan sampai kesulitan ini mematahkan semangat kamu. Namanya juga baru mulai, pasti banyak salah atau gagal. Kalau itu yang kamu alami, jangan mengeluh, bersabarlah. Mengeluh akan memberi sinyal kepada otakmu bahwa ini sulit, ini tidak bisa, akhirnya kamu menyerah. Bukankah kegagalan adalah hal yang wajar? Bahkan mereka yang sudah mahir pun tidak luput dari yang namanya gagal. Kalau belum memuaskan kamu bisa coba lagi, diulang lagi, mulai lagi dari awal. Yakinlah kalau kamu tekun pasti ada hasilnya.

4. Berdiskusi dengan orang lain

Tidak ada salahnya kamu mencoba berdiskusi dengan orang yang lebih berpengalaman, mereka dapat memberi masukan-masukan yang kamu perlukan agar kamu lebih sukses. Jangan malu bertanya. Sebenarnya sekarang ini kita sangat dimudahkan dengan adanya Google, Youtube dan media sosial lainya. Banyak informasi yang bisa kamu dapatkan. Banyak kok orang yang berhasil hanya dengan belajar dari internet. Kamu cuma perlu sedikit tekun untuk mencoba atau terus berlatih. Dengan begitu akhirnya kamu pun bisa memaksimalkan potensi dalam dirimu.

5. Rayakan apa pun hasilnya

Akhirnya, bagaimanapun hasilnya, banggalah pada dirimu karena itu adalah hasil dari usaha sendiri. Hargailah apapun hasil dari kedua tanganmu, bukan tangan orang lain. Jangan merasa rendah diri juga tidak perlu membandingkan dengan orang lain. Hasil dari keringat sendiri dengan yang bukan, kebanggaanya beda. Semangat dari merayakan hasil akan sangat positif dan membuat kamu jadi lebih percaya diri dan lebih bersyukur dengan apa yang kamu miliki. Akhirnya kamu akan semakin berani menggali potensi-potensi lain dalam dirimu.


Inilah 5 tips yang bisa membantu kamu untuk mengasah potensi diri. Intinya percaya kamu punya potensi-potensi yang lain dan mulailah mengasahnya. Temukan hal yang baru dan beranilah keluar dari zona nyaman. Dengan cara seperti ini kamu sedang mempersiapkan diri mulai dari sekarang, untuk menyambut sukses ketika peluang datang.

Comments


bottom of page